Install Windows via USB Pada Laptop/Notebook Samsung np355e4x

Beberapa hari yang lalu, seorang teman datang ke rumah membawa notebook Samsung np355e4x, type notebook yang mungkin sudah jarang dijumpai bagi seseorang seperti saya. Merasa lambat, beliau meminta untuk diinstallkan dengan Windows baru. Saya coba dengan Windows 10 ternyata hasilnya mengecewakan karena terasa tetap lelet walaupun ditenagai oleh RAM 2 GB DDR3. Saya putuskan untuk mengembalikannya ke Windows 7 seperti sebelumnya.

Anehnya, ketika di install dengan Windows 10 bisa melalui DVD drive, kali ini menggunakan DVD Windows 7 tidak bisa sama sekali. Otak atik BIOS juta tidak ada efek, gonta-ganti DVD Windows nya juga tidak ada pengaruh, tetap tidak bisa. Saya coba boot pake USB Flashdisk, tidak bisa juga.

Setelah cari-cari di Google, ada sebuah postingan di http://ismiaprial.blogspot.co.id/2012/10/cara-mengatasi-bios-samsung-yang-tidak.html, ternyata kuncinya adalah mengubah pengaturan Fast Bios Mode dari Enabled ke Disabled di menu Advanced. Kemudian Simpan settingan dengan menekan F10.

Setelah restart, masuk kembali ke BIOS dengan menekan tombol F10 dan pilih Setup. pada menu Boot, ganti Hardisk Priority dari Hardisk ke Flashdisk dan set sebagai boot pertama. Simpan lagi settingan dengan menekan tombol F10 dan Enter. Tunggu tulisan press any key to boot from USB…. muncul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: