Martorang Bulan

Dahulu ketika listrik masih merupakan fasilitas yang teramat mewah dan mahal, keadaan desa Mompang Julu di waktu malam tentu saja sangat gelap. Di Banjar Dolok misalnya, listrik baru masuk sekitar tahun 1982 dan itupun hanya pada 2 rumah warga saja. Pada masa itu pencuri ataupun maling dengan leluasanya menjalankan aksinya. Selain itu, cerita tentang adanya jihin (jin), orang bunian, Urinci (sejenis orang aneh dari Kerinci) maupun harimau yang turun ke kampung bersiliweran dimana-mana.

Borngin01

Tapi ada satu masa ketika orang tua mengijinkan anaknya bermain di luar rumah pada waktu malam, yaitu ketika malam terang bulan (biasanya pada malam 12-purnama) dimana kalau langit kebetulan cerah, bulan akan menampakkan cahayanya yang indah. Malam yang biasanya gelap dan menakutkan berganti dengan malam yang bermandikan cahanya bulan dan bintang. Untuk para pemudanya biasanya malam seperti ini kurang menguntungkan karena acara markusip (pacaran hanya lewat suara) bisa berantakan dikarenakan para orang tua juga akan lama tidurnya sedangkan para gadisnya dirumah biasanya akan ketiduran ketika lewat jam 22.00 kecuali yang memang setia banget kayak si Sariona.

Banyak permainan anak-anak di Mompang Julu dan Mandailing pada umumnya yang biasanya dimainkan di waktu malam, tapi kini permainan seperti marrene atau marberentis hampir 99% sudah punah di Mompang Julu dan anak-anak beralih ke Play Station dan Parabola. Padahal permainan-permainan tersebut sangat mengasyikkan dan menyehatkan karena banyak olahraganya.

Borngin02

Terlepas dari apa yang dibicarakan, Sopo-sopo merupakan tempat yang mengasyikkan untuk menikmati torang ni bulan sambil berkumpul dengan kawan-kawan sambil menunggu larut malam untuk tidur. Kalau kita mau memeriksa kebun atau air di sawah, waktu bulan purnama adalah waktu yang sangat tepat, karena kita hampir tidak membutuhkan senter atau alat penerangan lainnya karena di sawah sudah seperti siang hari yang redup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: