Saba Umum Direstorasi

Para penggarap sawah di Saba Umum, yang terletak di utara desa Mompang Julu sebagian terkejut bukan kepalang. Soalnya, panitia Saba Umum yang selama ini dianggap lemah melakukan pengawasan terhadap fungsi dan pengalihan fungsi penggunaan tanah di Saba Umum yang seharusnya di peruntukkan untuk persawahan. Memang sebelum-sebelumnya banyak lahan di Saba Umum yang dialih fungsikan dengan dijadikan kebun kelapa misalnya karena lahannya yang terlalu tinggi untuk dialiri air. Namun akhir-akhir ini seiring dengan lemahnya pengawasan Panitia Saba Umum, banyak anggota masyarakat yang menggarap lahan di Saba Umum yang mengalihfungsikan sawahnya untuk ditanami kebun karet. Dan kelemahan pengawasan dan ketidaktegasan Panitia Saba Umum memang semua orang di Mompang Julu tahu antara lain dengan tidak serentaknya lagi kegiatan persawahan di sana. Misalnya, ada anggota masyarakat yang sedang menanam sawahnya, sementara di sebelahnya ada yang akan menyabit padinya.

SabaUmum001Seiring dengan hal itu, anggota masyarakat yang terlebih dahulu mengganti padi di lahannya dengan menanami karet dan dibiarkan saja oleh Panitia Saba Umum, banyak anggota masyarakat yang lain yang mengikutinya. Sebut saja banyak sawah yang terletak di perbatasan Saba Umum dengan Saba Julu dan perbatasan Saba Umum dengan Sianggunan, banyak yang dijadikan areal kebun karet. Namun, seiring dengan pergantian panitia, kepanitiaan Saba Umum yang baru bertindak tegas. Salah satunya dengan membuat keputusan bahwa seluruh lahan yang ada di Saba Umum akan dikembalikan kembali fungsinya seperti semula dan ini berarti semua tanah yang telah berubah menjadi kebun karet dan kelapa harus dijadikan sawah terlepas dari bisa tidaknya nanti lahan itu diari. Beberapa kali musyawarah yang diadakan di mesjid Jam’i Mompang Julu berlangsung tegang karena beberapa penggarap beranggapan panitialah yang bersalah karena dulu tidak mengatakan tindakan mereka itu salah. Namun panitia tetap bersikeras dan mengancam akan membawa masalah ini ke Polisi jika penggarap tidak mau menebangi pohon karet atau kelapanya.

Beberapa anggota masyarakat dengan sukarela menebanginya namun beberapa lagi dengan tegas mengatakan tidak akan menebang pohon karetnya dan tidak akan membiarkan siapapun menebanginya. Mereka kemudian menjaga lahannya yang telah ditanami karet tersebut dan katanya bersedia mati untuk mempertahankan lahannya. Beberapa kali musyawarah untuk mencari jalan keluar atas masalah ini tetap menemui jalan buntu. Diharapkan hal ini cepat terselesaikan mengingat hal-hal seperti ini sangat merusak hubungan silaturrahmi antar anggota masyarakat.

SabaUmum002

Satu Balasan ke Saba Umum Direstorasi

  1. PUTRI TIKA LCS mengatakan:

    siiip dehhhh, ajari lah akh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: